Bersama Rekan Seprofesi, M. Amin Lingga Gagas Wadah Wartawan Lokal

BerandaGayo.com,Gayo Lues, Aceh – Insan Pers di Kabupaten Gayo Lues,membentuk wadah silaturahmi kewartawanan yang digagas bersama wartawan online maupun wartawan cetak yang diberi nama “Persatuan Jurnalis Gayo Lues” (PJGL), di Cafe Kalapinang, Blangkejeren, Senin (8/6/2020).

Terbentuknya PJGL, berawal dari pembicaraan M. Amin Lingga alias Onot di Aplikasi Whatsapp Grup “Wartawan Gayo Lues”, sejumlah wartawan Gayo Lues berkeinginan membuat suatu wadah Organisasi yang peduli terhadap kekompakan dan kebersamaan para Jurnalis yang bertugas di Kabupaten Gayo Lues.

Bacaan Lainnya

Kepengurusan Persatuan Jurnalis Gayo Lues (PJGL), sesuai yang disepakati dalam forum musyawarah di salah satu Cafe Kala Pinang itu terpilih sebagai sebagai Ketua, Bustanuddin Lempuh Media Waspada.co.id, Wakil Ketua I, Muhammad Hasan (Atjehdaily,co), Sekretaris, Abdi Winargayo (Aranews.co), Bendahara,Muhammad Tujung (Mimbar Umum).

Sebelumnya,Muhammad Amin Lingga, mengatakan,bahwa wadah yang akan dibentuk ialah tempat para wartawan-wartawan lokal khususnya Kabupaten Gayo Lues berhimpun, agar lebih mengikat tali silaturahmi antar se-profesi.

“Tujuan dan maksud wadah yang akan kita bentuk ini ialah tempat para wartawan  khususnya para wartawan di Kabupaten Gayo Lues ini berhimpun, agar lebih mengikat tali silaturahmi antar sesama wartawan dengan meningkatkan kekompakan antar sesama profesi di Kabupaten Gayo Lues,” tutur M Amin yang kerap disapa Onot.

Dikatakan Onot, musyawarah dan diskusi tetap mengedepankan demokrasi dan forumis, perlu diketahui fungsi dari wadah yang akan dibentuk lebih mengedepankan kebersamaan, dimana saat ini wartawan yang ada telah terkotak-kotak dan sulit memberikan informasi sesama wartawan.

Ketika diskusi berlangsung alot dalam hal pemilihan nama dari wadah yang akan dibentuk, pimpinan musyawarah melemparkan ke peserta rapat, dan dari hasil kesepakatan bersama maka ditetapkan sebuah nama PJGL ( Persatuan Jurnalis Gayo Lues ).

Dikesempatan tersebut,  Muhammad Tujung (Mimbar Umum), mengatakan, bahwa organisasi PJGL adalah wadah jurnalis untuk terus mengembangkan diri agar semakin profesional dalam menjalankan peliputan di lapangan. Jurnalistik adalah suatu pekerjaan yang meminta tanggung jawab dan mensyaratkan adanya kebebasan,sebab tanpa kebebasan seorang wartawan akan sulit bekerja.

“Saat menjalankan peliputan di lapangan,kita sebagai wartawan harus profesional,jurnalistik itu suatu pekerjaan yang meminta tanggung jawab dan mengisyaratkan adanya kebebasan,sebab tanpa kebebasan seorang wartawan akan sulit bekerja,” imbuh Muhammad yang akrab disapa Win Tujung.

Terlihat pembentukan dilakukan di tempat yang sederhana, namun antusias rekan rekan yang hadir ini  menandakan rasa kebersamaan bisa terpupuk dengan baik. Berharap silaturahmi ini tetap terjalin dan Persatuan Jurnalis Gayo Lues akan berjaya. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *