Minimnya Kesadaran Masyarakat Bayar Iuran BPJS Kesehatan

BERANDA GAYO.com, Gayo Lues, Aceh – Terkait validasi data kepersertaan JKN  di wilayah Kabupaten Gayo Lues masih terdapat beberapa peserta yang NIK nya tidak valid. Ini menjadi kendala terhadap pelayanan kesehatan yang merata.

“ Kami berharap Pemda turut serta dalam upaya mengatasi hal ini, agar nantinya masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatannya sesuai harapan,” kata  Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Gayo Lues, Deni Wayudi dalam rapat Forum Komunikasi dengan pemangku kepentingan tingkat Kabupaten Gayo Lues, Kamis (8/4/2021) di ruang kerja Bupati setempat.

Dikatakan Deni, minimnya kesadaran masyarakat membayar iuran BPJS Kesehatan, berdampak pada pelayanan kesehatan yang kurang maksimal karena terbentur administrasi.

Kedepan kata Deni, agar masyarakat sadar terhadap pembayaran iuran yang tepat waktu,”   ini demi lancarnya proses pelayanan kesehatan,” sebutnya.

Harapan lain, dengan terlaksananya forum ini kiranya terwujud partisipasi pemda dalam mendukung program JKN-KIS  serta tercapainya komunikasi yang baik dan pemahaman  sama.

Selain itu, terkait jumlah pekerja yang didaftarkan, ia berharap agar badan usaha yang telah melalukan registrasi, untuk mendaftarkan jumlah pekerjanya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya guna kepentingan pekerja demi adanya jaminan keselamatan dan kesehatan kerja apabila suatu waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Di tahun 2021 ini, BPJS Kesehatan telah membuka donasi bagi siapa saja untuk membantu melunasi tunggakan-tunggakan peserta JKN sehingga kedepan setiap peserta tidak lagi mempunyai kendala terhadap pelayanan kesehatannya dan Pemerintah juga telah mengeluarkan regulasi dan bantuan iuran untuk peserta mandiri kelas III, dalam hal ini peserta hanya membayar 35.000 rupiah dalam pelayanan kesehatan dan selebihnya akan disubsidi oleh pemerintah.

Liputan : Siti Maisura

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *