Kampung Anak Reje Diresmikan Sebagai Rumah Data

BERANDAGAYO.com, Gayo Lues, Aceh – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues meresmikan Rumah Data Kependudukan (Dataku) Kampung KB di Kampung Anak Reje, Kecamatan Blangpegayon, Kamis (15/7/2021).

Peresmian itu turut dihadiri Kepala BKKBN Provinsi Aceh, Sahidal Kastri, Ketua PKK Gayo Lues Hartati Djahar, Kepala DPMK Sartika Mayasari dan Camat Blangpegayon, Wahidin Porang, serta tamu undangan lainnya.

Kepala BKKBN Aceh, Sahidal Kastri mengatakan Rumah Dataku merupkan tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan, yang mencakup system pemanfaatan data kependudukan. Disebutkan, seperti mengunduh data, membaca, mengidentifikasi, memverifikasi dan menentukan pilihan data kependudukan, yang bersumber dari, dan oleh untuk masyarakat.

Menurutnya, pembentukan rumah data kependudukan ini untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat. Ditambahkan, sebagai mitra kerja dalam pengelolaan data kependudukan level mikro di Kampung KB, seta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya data dan informasi.

Selanjutnya, kepala DPMK Kabupaten Gayo Lues Sartika Mayasari, menilai Kampung Anak Reje memiliki komoditi unggulan, sehingga kemungkinan besar menjadi Kampung Percontohan. Ia berharap selain menjadi Kampung Rumah Dataku, Kampung ini dapat menjadi Kampung Agro Wisata.

Sementara, Camat Blangpegayon Wahidin Porang, berharap agar rumah dataku bukan sebagai simbolis saja melainkan dapat berjalan serta bermanfaat dengan baik.

Karena dikatakan, tujuan diselenggarakannya rumah dataku ini adalah untuk mempermudah perolehan data konkrit apabila sewaktu-waktu diperlukan, sehingga para petugas tidak repot lagi mendata dari rumah ke rumah, mereka dapat langsung memperoleh data dari petugas rumah dataku.

Liputan : Siti Maisura

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *